Tidur Nyaman dengan Suhu AC yang Tepat

Spread the love

 

Bagi sebagian orang, tidur yang nyaman dan berkualitas dapat dilakukan jika suhu ruangan dingin. Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin tetap nyaman tidur tanpa perlu bolak-balik mengatur suhu AC dan menjaga kualitas AC sehingga tidak perlu menghubungi orang yang jual compressor AC.

Ya, apabila Anda terus menerus mengatur suhu secara manual, bukan tidak mungkin akan menimbulkan suatu kerugian tersendiri. Entah dari Anda sendiri yang kelelahan atau malah compressor AC yang menjadi masalah. Lantas, bagaimana sebaiknya pengaturan AC tersebut?

Memastikan Ruangan Tertutup Rapat

Suhu ruangan akan sangat berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang. Pada saat tubuh tertidur, otot akan menjadi lebih rileks meskipun sistem tubuh lain masih bekerja secara aktif. Jika suhu ruangan benar-benar tepat maka akan membuat otot semakin nyaman dan meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik.

Salah satu cara untuk membuat suhu ruangan tetap terjaga adalah selalu memastikan ruangan tertutup rapat sebelum tidur. Selain karena faktor keamanan, jendela ataupun pintu yang tertutup juga akan membuat kinerja AC menjadi lebih maksimal, terlebih apabila Anda memutuskan untuk menyalakannya ketika sedang tidur.

AC bekerja dengan cara menyesuaikan suhu ruangan sesuai dengan setelan remote. Apabila ada celah atau bagian kamar yang terbuka, maka suhu AC menjadi tidak stabil karena adanya pertukaran udara. Jadi, suhu AC akan lebih mudah naik-turun dan tidak terkendali sehingga berisiko merusak komponen yang ada di dalamnya.

Pengaturan Suhu AC yang Tepat

Ketika akan menyalakan AC kemudian Anda tinggal tidur, maka ada baiknya jika Anda memperhatikan cara-cara mengatur suhu AC seperti berikut untuk membuatnya menjadi lebih awet dan memberi kenyamanan tidur yang lebih berkualitas.

  • Atur suhu awal yang tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Idealnya sekitar 27-28 derajat Celcius dengan tujuan supaya tubuh Anda dapat menyesuaikan diri dengan suhu ruangan terlebih dahulu. Jika langsung diatur pada suhu yang terlalu ekstrim, maka tubuh akan merasa kaget dan bisa saja menjadi terlalu dingin.
  • Ketika sudah beberapa menit dinyalakan, Anda dapat mengatur suhu menjadi lebih dingin atau lebih hangat sesuai dengan kondisi. Jika Anda nyaman dengan suhu yang dingin, Anda dapat menurunkannya menjadi sekitar 20-22 derajat Celcius.
  • Ketika akan terlelap, disarankan Anda mengatur suhu AC menjadi lebih hangat dengan menaikkannya 2-3 derajat. Sebagai contoh, jika sebelumnya Anda mengatur suhu AC di kisaran angka 21-22 derajat Celcius, maka sebelum benar-benar tidur Anda dapat mengatur suhunya menjadi 24-25 derajat.

Pengaturan suhu AC yang tepat tentunya akan membantu Anda dalam merawat komponen AC sehingga lebih awet. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot menghubungi tukang servis maupun mereka yang jual compressor AC hanya demi perbaikan komponen tersebut.

Mengaktifkan Mode Auto

Selain menggunakan cara atur suhu ruangan secara manual, Anda juga bisa menjalankan pengaturan suhu AC menggunakan mode Auto. Sesuai namanya, fitur ini dapat digunakan untuk mengatur suhu pendingin ruangan secara otomatis. Jika ruangan dirasa terlalu panas, maka AC akan menurunkan suhunya sehingga lebih terasa ideal.

Mode auto ini cukup efektif jika Anda gunakan pada saat tidur. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot bangun terus-terusan untuk mengatur suhu AC. Bahkan Anda juga dapat memanfaatkan fitur Timer yang dapat digunakan apabila Anda ingin mengatur suhu hingga beberapa jam saja.

Fitur-fitur tersebut ternyata dapat menghemat energi yang dihasilkan sehingga penggunaan AC akan menjadi lebih awet. Hal ini karena compressor AC akan bekerja secara lebih ideal dan optimal dalam setiap pengaturan suhu ruangan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Memanfaatkan Fitur Kipas Angin

Untuk mendapatkan suhu AC yang lebih ideal dan nyaman, Anda juga dapat menggunakan mode kipas yang ada di beberapa tipe AC. Jika tidak tersedia, Anda juga bisa memanfaatkan perangkat kipas angin sehingga suhu yang didapatkan menjadi lebih optimal.

Kipas angin akan berfungsi secara maksimal apabila mode hemat energi pada AC diaktifkan. Penggunaan kipas angin inilah yang kemudian bisa menyesuaikan suhu ruangan karena dapat menyebarkan suhu sejuk ke setiap sudut ruangan.

Jika AC Anda memiliki pengaturan kipas, tentunya akan lebih efisien dan lebih hemat listrik. Agak berbeda dibandingkan jika Anda menggunakan kipas manual di mana listrik akan lebih banyak digunakan. Bahkan jika pengaturannya tidak tepat Anda akan merasakan dingin yang luar biasa dan berisiko mengalami hipotermia.

Itulah beberapa hal mengenai cara menggunakan AC yang tepat supaya tidur tetap nyaman dan komponen penting di dalamnya dapat terjaga. Apabila ada kendala pada komponen, jangan segan untuk jual compressor AC tersebut dan menukarnya dengan compressor yang lebih baik dan awet.